Cara Cek Prosessor dan CPU di Linux



Jakarta, 16 jan 2019

Cara Cek Prosessor dan CPU di Linux

linux


Apakah anda baru membeli CPU? Jika menggunakan OS Windows, cara mengecek spesifikasi komputer  apakah sesuai dengan yang di tawarkan sangat mudah, tinggal klik kanan di My Computer. Beda dengan Linux, cara mengeceknya harus menggunakan command prompt.

Biasanya yang paling dasar yang ingin diketahui oleh pembeli (Kita) adalah mengenai CPUnya, walau RAM besar tapi prosesornya pas – pasan bisa - bisa sewaktu kita menggunakannya, pasti akan lambat sekali.

Pertama kalau hanya untuk melihat berapa kecepatan prosesor dalam VPS anda bisa eksekusi perintah:
 egrep 'GHz|MHz' /proc/cpuinfo
Nanti akan muncul pesan balasan seperti ini:
cek cpu linux1

Nah… untuk cek info CPU secara lengkap di server berbasis sistem operasi Linux (Debian, CentOS, Arch, dan semua distro) bisa langsung menjalankan perintah:
cat /proc/cpuinfo
Nanti akan muncul hasilnya seperti berikut ini:
cek cpu linux2

Kalau cuma muncul satu berarti anda diberi 1 CPU core saja, dan performanya juga tergantung provider anda memberikan prioritas berapa untuk prosesnya. Jadi berapapun kecepatannya masih lebih penting berapa prioritasnya.
Ini hanya untuk melihat spesifikasi prosesor lho ya, jangan salah paham. Untuk benar – benar mengetahui kemampuan CPU dalam server anda harus melakukan benchmark dan caranya lain lagi.
Sedangkan untuk melihat kapasitas hard disk dapat di lihat di

https://artikelkompt.blogspot.com/2019/01/cara-cek-kapasitas-hard-disk-di-linux.html
Sekian Artikel cara cek prosessor dan CPU di Linux dibuat. Semoga Bermanfaat
Terima Kasih

Comments

loading...