Cara Menghapus Directory di Linux

Jakarta,11 Jan 2019

Cara menghapus Directory di Linux

linux

Untuk menghapus file / directory di linux biasanya kita menggunakan sintax rm. Tetapi jika kita mengeksekusi sintax tersebut terhadap sebuah directory, maka pasti muncul pesan error :rm: cannot remove 'nama_folder/': Is a directory
Hal ini di sebabkan karena sintax tersebut tidak di buat linux untuk menghapus sebuah directory 🙂
sintax yang benar untuk menghapus directory adalah rmdir. Cara menggunakannya sendiri sama mudahnya:
rmdir nama_folder
Selesai. 😀
Tapi harus di catat, kalau di dalam folder tersebut ada isinya maka pesan error lain akan muncul: rmdir: failed to remove `nama_folder': Directory not empty. hal ini bisa diatasi memakai perintah -rf setelah rm:
rm -rf nama_dir
rm -rf akan menghapus semua isi yang ada di dalam folder tersebut. Harap hati – hati dalam menggunakan rm -rf karena bisa membersihkan semua data anda kalau lokasi aktif shell anda tidak tepat.Jadi kita sarankan untuk menghapus sebuah direktori beserta isinya memakai perintah ini :
rm -ri nama_folder
Kenapa? Karena ini sifatnya interaktif jadi lebih aman karena kita tahu file atau direktori apa yang dihapus. Dan akan meminta konfirmasi kita baru diproses. Tapi kalau filenya banyak bisa repot sekali memang.
Sedangkan apabila anda mengalami pesan error rm: cannot remove `nama_folder': Permission denied artinya anda tidak memiliki hak akses untuk menghapusnya. Mungkin anda lupa menggunakan sudo atau malah perlu user root untuk eksekusinya.
Untuk menghapus semua file tetapi tampa menghapus directory (membiarkan struktur directory nya). Maka kita dapat menggunakan :
find . ! -type d -exec rm '{}' \;
Ini akan menghapus semua file didalam direktori dan membiarkan subdirektorinya.

Sekian artikel Cara Menghapus Directory di linux. Semoga bermanfaat.

Terima Kasih

Comments

Post a Comment

loading...